Aceh World Solidarity Cup, Turnamen Solidaritas Empat Negara

4 Negara Ramaikan "Aceh World Solidarity Cup"

Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, meluncurkan turnamen sepak bola internasional "Aceh World Solidarity Cup". Ajang itu diramaikan empat negara. 

Peluncuran turnamen sepakbola itu digelar di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Minggu (12/11/2017). Keempat negara yang sudah bersedia ikut liga internasional ini yaitu Indonesia, Kyrgyztan, Mongolia, Brunei Darussalam. Pertandingan akan digelar di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, Aceh, mulai 2 hingga 6 Desember.

Irwandi mengatakan, turnamen itu digelar sebagai perwujudan solidaritas dunia terhadap Aceh yang pernah dilanda tsunami pada 2004. 

"Awalnya, direncanakan diikuti oleh Jepang, Thailand, Vietnam, serta Indonesia sebagai tuan rumah. Namun, karena bersamaan dengan kalendera FIFA, sejumlah negara tidak dapat mengikuti turnamen di Aceh," kata Irwandi dalam sambutannya. 

Menurut Irwandi, Pemerintah Aceh melalui program Aceh Teuga (Aceh kuat) mempunyai misi untuk mengembalikan dan meningkatkan prestasi olahraga Aceh, salah satunya melalui peningkatan frekuensi even kompetisi olahraga untuk menjaring bibit-bibit unggul.

"Inilah di antara yang menjadi latar belakang penyelenggaraan Aceh World Solidarity ini," Irwandi menjelaskan. 

Selain itu, ajang tersebut digelar sebagai penanda kalau Aceh sudah aman saat ini. Bahkan, tingkat kriminalitas di Aceh tergolong sangat rendah dibandingkan daerah lain. 

"Aceh harus berkelas, sudah bukan waktunya lagi Aceh lekat dengan stempel tidak aman. Kita harus buktikan kepada dunia, bahwa Aceh aman dan mampu menyelenggarakan even internasional. Sehingga tidak ada lagi kekhawatiran akan isu-isu keamanan di Aceh," ungkap pria yang akrap disapa Bang Wandi ini. 

Sementara itu, Pembina Aceh World Solidarity Cup Zaini Yusuf, mengatakan, turnamen yang digelar selama empat hari ini akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp 550 juta. Tim yang akan bertanding yaitu timnas senior dari empat negara tersebut. 

"Saat ini, kami masih menunggu konfirmasi dari Turki dan Australia apakah mereka ikut atau tidak," Zaini menjelaskan.

http://visualtv.live/watch/1559/Aceh-World-Solidarity-Cup%2C-Turnamen-Solidaritas-Empat-Negara

Aceh World Solidarity Cup, Turnamen Solidaritas Empat Negara

Aceh World Solidarity Cup, Turnamen Solidaritas Empat Negara visualtv.live

Aceh World Solidarity Cup turnamen solidaritas